Cara Ekspor Tabel PostgreSQL Ke Excel

Halo agan sista, seringkali dalam bermain di dalam manajemen data, kita menemukan sebuah kasus dimana data tersebut perlu di pindah dari sebuah database ke dalam file spreadsheet agar lebih mudah di olah oleh orang lain yang bisa jadi masih awam dalam menggunakan database berbasis SQL (Pada thread ini, saya menggambil contoh dengan PostgreSQL).

Nah, mungkin mudah sekali untuk menduplikat data jika itu hanya sedikit kolom dan baris yang akan di ambil data nya untuk di masukkan kedalam file spreadsheet, namun apa jadi nya bila data tersebut terdiri dari ratusan atau bahkan ribuan kolom dan baris? Apakah ada orang yang mau mengerjakan pekerjaan rumit dan menyita waktu lama seperti itu? Nah untuk memudahkan pekerjaan itu, kita bisa menggunakan fungsi ekspor tabel dari database postgreSQL. Langkah langkah nya yaitu :
Pertama, pilih database yang tabel nya akan kita ekspor, lalu pilih menu SQL di sebelah atas. Jika sudah, maka akan muncul tampilan seperti berikut
Ketik perintah SELECT untuk memilih tabel yang akan di ekspor, lalu jalankan (tekan tombol Run atau tekan tombol f5 hingga muncul tabel data nya.
Bila sudah, pilih menu File>Export hingga muncul dialog sebagai berikut :
Bila sudah, tinggal tekan tombol OK lalu sudah, muncul file berformat .csv yang berisi data tabel yang sudah kita pilih tadi.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar