GUI (graphical user interface) / Antarmuka Pengguna Grafis

Sebagai pengguna komputer dan device pendukung / atau sejenis di era modern seperti saat ini, kita tentu sudah sangat di manjakan sekali dalam mengoperasikan nya. Tampilannya yang indah, di lengkapi dengan ikon ikon yang mewakili suatu proses, dan juga alur penggunaan aplikasi yang makin intuitif berkat kemajuan dan penggabungan ciamik antara teknologi GUI dan UX. Bayangkan jika Anda di masa lampau, di mana saat itu kita masih bergantung dengan apa yang di sebut dengan command line, betapa ribet nya user hanya untuk mengganti nama sebuah file, atau menjalankan perintah tertentu.

GUI (biasanya diucapkan GOO-ee) hadir sebagai penyederhana sebuah perintah di sisi user,  sehingga interaksi antara manusia dengan komputer menjadi lebih mudah. Saat Anda membaca artikel ini, Anda melihat GUI atau antarmuka pengguna grafis dari browser Web Anda. Nah, istilah GUI ini muncul karena antarmuka pengguna interaktif pertama ke komputer tidak bersifat grafis melainkan berorientasi kepada teks dari masukan keyboard dan biasanya terdiri dari perintah yang harus Anda ingat.

Banyak nya kelemahan yang muncul dari sistem lama membuat gagasan akan sebuah sistem perangkat lunak yang mudah digunakan menjadi gagasan dalam berkembang nya antar muka grafis ini. Hingga akhir nya, pada tahun 1973 lahirlah sebuah komputer pertama yang membuka era baru dalam inovasi komputer berbasis grafis yang di kenal dengan nama Xerox Alto.
Walaupun komputer ini lahir bukan untuk tujuan komersil, melainkan hanya untuk penggunaan terbatas seperti penelitian dan universitas, namun pada dasar nya ide dari Xerox Alto inilah yang menjadi batu loncatan selanjut nya yang membuat semua PC di dunia saat ini bisa di gunakan secara mudah.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa share ke teman dan grup kalian untuk menambah wawasan mereka.

http://searchwindevelopment.techtarget.com/definition/GUI. Di akses pada tanggal 13 Juni 2017 dengan mengutip beberapa bagian.
Gambar: https://are.na/callil-capuozzo/syn. Di akses pada tanggal 13 Juni 2017

Posting Komentar

0 Komentar