Seri Sederhana: Remastering Sistem Operasi Berbasis Linux - Bagian 5: Cara Mengubah Plymouth (Booting and Shutdown Animation) di Linux


Setelah sebelumnya kita telah mempelajari cara merubah identitas distro Linux yang akan kita remastering, pada bagian ini kita akan mempelajari bagaimana cara merubah identitas yang pasti akan muncul pertama kali sesaat setelah kalian menekan tombol power, yaitu Plymouth alias animasi booting dan shutdown di Linux.

Plymouth adalah nama lain dari bootsplash, yaitu sebuah tampilan animasi yang muncul pertama kali saat komputer sedang dinyalakan. Selain untuk mempercantik tampilan, fungsi utama Plymouth adalah untuk “menutupi” tampilan teks saat Sistem Operasi sedang me-load file sistem. Dengan mengubah tampilan Plymouth, secara tidak langsung juga akan menumbuhkan image dan identitas dari distro hasil remaster itu sendiri.
Desain Booting and Shutdown Animation
Pada distro remaster yang kami gunakan, cara yang di lakukan adalah dengan mengganti logo Plymouth default dengan logo yang telah kita buat sebelumnya, sehingga bisa meminimalisir error yang akan terjadi setelah melakukan proses mengubah Plymouth (misal tampilan blank atau logo tidak muncul saat booting). Cara mengubah tampilan Plymouth adalah sebagai berikut:
  1. Buka Terminal, lalu ketik command sudo nautilus.
  2. Buka folder /usr/share/plymouth/theme/[nama folder tema plymouth]. Salin logo pada folder tersebut, lalu ubah nama file logo baru dengan nama yang sama seperti logo lama / replace.
  3. Tutup jendela nautilus untuk kembali ke Terminal. Setelah itu, ketik command sudo update-initramfs –u untuk memperbarui tampilan Plymouth.
  4. Restart Komputer Anda.
Seri Remastering Sistem Operasi Berbasis Linux:
Bagian 1: Pengenalan
Bagian 2: Kelebihan dan Kekurangan Dari Linux (Sudut Pandang Masyarakat Awam)
Bagian 3: Pengertian Remastering
Bagian 4: Proses Remastering (Mengganti Identitas dan Merubah Paket Aplikasi)
Bagian 5: Mengubah Plymouth (Booting and Shutdown Animation) di Linux
Bagian 6: Mengemas Sistem Operasi Dalam Bentuk .ISO

Posting Komentar

0 Komentar